Senin, 21 Juni 2010

ANTARA TAKLID DAN ITTIBA’

Banyak terjadi dikalangan umat Islam yang taklid kepada para imam atau kepada yang lainnya dengan cara membabi buta dan berpegang kepada mazhab mereka seolah-olah pendapat mereka atau mazhab mereka sebuah firman yang turun dari langit. Padahal asas dalam beribadah adalah bersandar kepada dalil yang lebih shahih. Mana yang lebih shahih diantara dalil-dalil tersebut itulah yang menjadi acuan.

Kalau sementara ini seandainya kita beribadah berdasarkan suatu dalil, dan ternyata dikemudian hari ternyata dalil tersebut lemah atau bahkan palsu, maka sudah seharusnya kita mengikuti dalil yang lebih shahih. Dan kita harus meninggalkan tata cara kita dan mengikuti tata cara yang baru yang lebih shahih, tanpa harus melihat dari mazhab mana dalil tersebut.



Yang banyak terjadi adalah, kita panatik terhadap mazhab kita. Contoh : Kita bermazhab Syafi’i, kemudian dalam suatu hal kita menemukan suatu dalil yang lebih shahih dan dalil tersebut bukan berasal dari pendapat mazhab Syafi’i, katakanlah mazhab Hanafi, Maliki, Hambali atau mazhab yang lain, kenyataannya kita sangat berat menerima dalil tersebut. Dan kenyataannya kita hanya berpegang teguh kepada mazhab kita.

Pendapat semacam itu adalah pendapat yang sangat keliru. Kita tidak boleh berpegang teguh sampai mati-matian (taqlid buta), dan bahkan menganggap mazhab kitalah yang paling benar. Pendapat semacam itu ternyata hanyalah pendapat para pengikut yang tidak mengerti sejarah, hanya sekedar ikut-ikutan/taklid. Ujar dan ujar orang lain. Padahal sesungguhnya dia sendiri tidak mengetahui dengan sebenar-benarnya, hanya bersandar pada ujar dan ujar saja.( Ujar si Anu….. ujar si Anu ….) Yang benar adalah ittiba’ yaitu mengikuti Rasulullah.

Ingat ! dalam perkara ibadah carilah dalil yang paling shahih.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Berikut kita perhatikan peryataan para Imam Mazhab.

1 - أبو حنيفة رحمه الله

فأولهم الإمام أبو حنيفة النعمان بن ثابت رحمه الله وقد روي عنه أصحابه أقوالا شتى وعبارات متنوعة كلها تؤدي إلى شيء واحد وهو وجوب الأخذ بالحديث وترك تقليد آراء الأئمة المخالفة لها :
1 - ( إذا صح الحديث فهو مذهبي ) . ( ابن عابدين في " الحاشية " 1 / 63 )
2 - ( لا يحل لأحد أن يأخذ بقولنا ما لم يعلم من أين أخذناه ) . ( ابن عابدين في " حاشيته على البحر الرائق " 6 / 293 )
وفي رواية : ( حرام على من لم يعرف دليلي أن يفتي بكلامي )
زاد في رواية : ( فإننا بشر نقول القول اليوم ونرجع عنه غدا )
وفي أخرى : ( ويحك يا يعقوب ( هو أبو يوسف ) لا تكتب كل ماتسمع مني فإني قد أرى الرأي اليوم وأتركه غدا وأرى الرأي غدا وأتركه بعد غد )
3- ( إذا قلت قولا يخالف كتاب الله تعالى وخبر الرسول صلى الله عليه وسلم فاتركوا قولي ) . ( الفلاني في الإيقاظ ص 50 )


Abu Hanifah ( Mazhab Hanafi )

Imam Mazhab yang pertama adalah Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit bin An Nu’man bin Al Marziban, lahir di Kufah tahun 80 H. Para muridnya telah meriwayatkan berbagai macam perkataan dan peryataan beliau yang seluruhnya mengandung satu tujuan, yaitu kewajiban berpegang teguh pada Hadits Nabi dan meninggalkan sikap membeo (taklid) pendapat-pendapat para imam bila bertentangan dengan Hadits Nabi. Ucapan beliau :

1. “Jika suatu Hadits itu shahih, itulah mazhabku”

2. “Tidak halal bagi seseorang mengikuti perkataan kami bila ia tidak tahu dari mana kami mengambil sumbernya”.

3. “Kalau saya mengemukakan suatu pendapat yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah, tinggalkanlah pendapatku”.



2 - مالك بن أنس

مالك بن أنس رحمه الله وأما الإمام مالك بن أنس رحمه الله فقال :
1 - ( إنما أنا بشر أخطئ وأصيب فانظروا في رأيي فكل ما وافق الكتاب والسنة فخذوه وكل ما لم يوافق الكتاب والسنة فاتركوه ) . ( ابن عبد البر في الجامع 2 / 32 )
2- ( ليس أحد بعد النبي صلى الله عليه وسلم إلا ويؤخذ من قوله ويترك إلا النبي صلى الله عليه وسلم ) . ( ابن عبد البر في الجامع 2 / 91 )
3 - قال ابن وهب : سمعت مالكا سئل عن تخليل أصابع الرجلين في الوضوء فقال : ليس ذلك على الناس . قال : فتركته حتى خف الناس فقلت له : عندنا في ذلك سنة فقال : وما هي قلت : حدثنا الليث بن سعد وابن لهيعة وعمرو بن الحارث عن يزيد بن عمرو المعافري عن أبي عبد الرحمن الحنبلي عن المستورد بن شداد القرشي قال : رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يدلك بخنصره ما بين أصابع رجليه . فقال : إن هذا الحديث حسن وما سمعت به قط إلا الساعة ثم سمعته بعد ذلك يسأل فيأمر بتخليل الأصابع .( مقدمة الجرح والتعديل لابن أبي حاتم ص 31 - 32)

Malik bin Anas ( Mazhab Maliki )

Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amru bin Al Harits bin Ghaiman bin Khusail bin Amr bin Al Harits Al Ashabi Al Humairi atau Imam Malik, lahir tahun 93 H, di daerah Dzi Al Marwah (jauh dari Madinah) menyatakan :

1. “Saya hanyalah seorang manusia, terkadang salah, terkadang benar. Oleh karena itu, telitilah pendapatku. Bila sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah, ambillah, dan bila tidak sesuai, tinggalkanlah”.

2. “Siapapun perkataannya bisa ditolak dan bisa diterima, kecuali hanya Nabi sendiri”.

3. Ibnu Wahhab berkata : “Imam malik terkadang menyuruh mengerjakan sesuatu yang berbeda dengan pendapatnya” ( maksudnya , mengerjakan sesuatu menurut mazhab yang lain apabila mazhab itu lebih shahih dalilnya atau derajatnya sama-sama hasan)



3 - الشافعي رحمه الله

وأما الإمام الشافعي رحمه الله فالنقول عنه في ذلك أكثر وأطيب وأتباعه أكثر عملا بها وأسعد فمنها :
1 - ( ما من أحد إلا وتذهب عليه سنة لرسول الله صلى الله عليه وسلم وتعزب عنه فمهما قلت من قول أو أصلت من أصل فيه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم لخلاف ما قلت فالقول ما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو قولي ) . ( تاريخ دمشق لابن عساكر 15 / 1 / 3 )
2 - ( أجمع المسلمون على أن من استبان له سنة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يحل له أن يدعها لقول أحد ) . ( الفلاني ص 68 )
3 - ( إذا وجدتم في كتابي خلاف سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقولوا بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم ودعوا ما قلت ) . ( وفي رواية ( فاتبعوها ولا تلتفتوا إلى قول أحد ) . ( النووي في المجموع 1 / 63 )
4 - ( إذا صح الحديث فهو مذهبي ) . ( النووي 1 / 63 ) - ( أنتم أعلم بالحديث والرجال مني فإذا كان الحديث الصحيح فأعلموني به أي شيء يكون : كوفيا أو بصريا أو شاميا حتى أذهب إليه إذا كان صحيحا ) . ( الخطيب في الاحتجاج بالشافعي 8 / 1 )
6 - ( كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل
بخلاف ما قلت فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي ) . ( أبو نعيم في الحلية 9 / 107 )
7 - ( إذا رأيتموني أقول قولا وقد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم خلافه فاعلموا أن عقلي قد ذهب ) . ( ابن عساكر بسند صحيح 15 / 10 / 1 )
8 - ( كل ما قلت فكان عن النبي صلى الله عليه وسلم خلاف قولي مما يصح فحديث النبي أولى فلا تقلدوني ) . ( ابن عساكر بسند صحيح 15 / 9 / 2 )
9 - ( كل حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم فهو قولي وإن لم تسمعوه مني ) . ( ابن أبي حاتم 93 - 94 )

Imam Syafi’i ( Mazhab Syafi’i )

Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’i bin Utsman bin Syafi'i bin As Saib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim bin Al Muthalib bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai bin Ghalib atau Imam Syafi’i, lahir di Gaza tahun 150 H. Beliau berpesan antara lain :

1. “Setiap orang harus bermazhab kepada Rasulullah dan mengikutinya. Apapun pendapat yang aku katakan atau sesuatu yang aku katakan itu berasal dari Rasulullah tetapi ternyata berlawanan dengan pendapatku, apa yang disabdakan oleh Rasulullah itulah yang menjadi pendapatku”.

2. “Seluruh kaum muslimin telah sepakat bahwa orang yang secara jelas mengetahui suatu hadits dari Rasulullah, tidak halal meninggalkannya guna mengikuti pendapat seseorang”.

3. “Bila kalian menemukan dalam kitabku sesuatu yang bertentangan dengan Hadits Rasulullah, peganglah Hadits Rasulullah itu dan tinggalkan pendapatku”.

4. “Bila suatu Hadits itu Shahih, itulah mazhabku”.

5. “Kalian lebih tahu tentang Hadits dan para rawinya daripada aku. Apabila suatu hadits itu shahih, beritahukanlah kepadaku biar dimanapun orangnya, apakah di kuffah, Basrah, atau Syam, sampai aku pergi menemuinya”.

6. “Bila suatu masalah ada Haditsnya yang sah dari Rasulullah menurut kalangan ahli hadits, tetapi pendapatku menyalahinya, pasti aku mencabut pendapatku, baik selama aku hidup maupun setelah aku mati”.

7. “Bila kalian mengetahui aku mengatakan suatu pendapat yang ternyata menyalahi Hadits Nabi yang Shahih, ketahuilah bahwa hal itu berarti pendapatku tidak berguna”.

8. “Setiap perkataanku bila berlainan dengan riwayat yang Shahih dari Nabi, Hadits Nabilah yang utama dan jangan kalian bertaqlid kepadaku”.

9. “Setiap Hadits yang datangnya dari Nabi dan Shahih, itulah pendapatku, sekalipun kalian tidak mendengarkannya langsung dari aku”



4 - أحمد بن حنبل رحمه الله

وأما الإمام أحمد فهو أكثر الأئمة جمعا للسنة وتمسكا بها حتى ( كان يكره وضع الكتب التي تشتمل على التفريع والرأي ) ولذلك قال :
1 - ( لا تقلدني ولا تقلد مالكا ولا الشافعي ولا الأوزاعي ولا الثوري وخذ من حيث أخذوا ) . ( ابن القيم في إعلام الموقعين 2 / 302 )
وفي رواية : ( لا تقلد دينك أحدا من هؤلاء ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه فخذ به ثم التابعين بعد الرجل فيه مخير )
وقال مرة : ( الاتباع أن يتبع الرجل ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وعن أصحابه ثم هو من بعد التابعين مخير ) . ( أبو داود في مسائل الإمام أحمد ص 276 - 277 )
2 - ( رأي الأوزاعي ورأي مالك ورأي أبي حنيفة كله رأي وهو عندي سواء وإنما الحجة في الآثار ) . ( ابن عبد البر في الجامع 2 / 149 )
3 - ( من رد حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو على شفا هلكة ) . ( ابن الجوزي في المناقب ( ص 182 )
تلك هي أقوال الأئمة رضي الله تعالى عنهم في الأمر بالتمسك بالحديث والنهي عن تقليدهم دون بصيرة وهي من الوضوح والبيان بحيث لا تقبل جدلا ولا تأويلا وعليه فإن من تمسك بكل ما ثبت في السنة ولو خالف بعض أقوال الأئمة لا يكون مباينا لمذهبهم ولاخارجا عن طريقتهم بل هو متبع لهم جميعا ومتمسك بالعروة الوثقى التي لا انفصام لها وليس كذلك من ترك السنة الثابتة لمجرد مخالتفها لقولهم بل هو بذلك عاص لهم ومخالف لأقوالهم المتقدمة والله تعالى يقول : فلا وربك لا يؤمنون حتى يحكموكفيما شجر بينهم ثم لا يجدوا في أنفسهم حرجا مما قضيت ويسلموا تسليما
وقال : فليحذر الذين يخالفون عن أمره أن تصيبهم فتنة أو يصيبهم عذاب أليم

Ahmad bin Hambal ( Mazhab Hambali )

Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin ‘auf bin Qasith bin Mazin bin Syaiban bin Dzahli bin Tsa'labah bin Ukabah bin Sha'b bin Ali bin Bakar bin Wail bin Qasith bin Hanab bin Qushay bin Da'mi bin Judailah bin Asad bin Rabi’ah bin Nizar bin M'ad bin Adnan, lahir tahun 164 H, di Bagdad.

Ahmad bin Hambal merupakan seorang imam yang paling banyak menghimpun hadits dan perpegang teguh kepadanya, sehingga beliau benci menjamah kitab-kitab yang memuat masalah furu’ dan ra’yu. Beliau mengatakan demikian :

1. “Janganlah engkau taqlid kepadaku, atau kepada Malik, Syafi’i, Auza’i, dan Tsauri, tetapi ambillah sumber dari sumber mereka mengambil”.

2. “Janganlah kamu taqlid kepada siapapun dari mereka dalam urusan agamamu. Apa yang datang dari Nabi dan para sahabatnya, itulah yang hendaknya kamu ambil. Adapun tentang tabi’in. setiap orang boleh memilihnya (menolak atau menerima)”

3. “Yang dinamakam ittiba’, yaitu mengikuti apa yang datang dari Rasulullah dan para sahabatnya., sedangkan yang datang dari para tabi’in boleh dipilih”.

4. “Pendapat Auza’i, Malik, dan abu Hanifah adalah ra’yu. Bagi saya semua ra’yu sama saja, tetapi yang menjadi hujjah agama adalah pada atsar (hadits shahih)”.

5. “Barang siapa menolak hadits Rasulullah dia berada di jurang kehancuran “.




Wallahu 'alam

Oleh : Anwar Baru Belajar, dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi, M. Nashiruddin Al Albani

Catatan terkait lihat link ini :
http://www.facebook.com/notes/abu-muhammad-herman/taqlid-dan-sedikit-penjelasan-tentang-perbedaannya-dengan-ittiba/10150191508695175