Senin, 21 Juni 2010

Ucapan "ATAS KEHENDAK ALLAH DAN KEHENDAKMU" dalam Timbangan Syar'i


Qutailah radhiyallahu 'anhu menuturkan:

أن يهودياً أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: إنكم تشركون، تقولون ما شاء الله وشئت، وتقولون: والكعبة، فأمرهم النبي صلى الله عليه وسلم إذا أرادوا أن يحلفوا أن يقولوا: (ورب الكعبة، وأن يقولوا: ما شاء ثم شئت



"Bahwa ada seorang Yahudi datang kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dan berkata: "Sesungguhnya kamu sekalian melakukan perbuatan syirik, kamu mengucapkan: "Atas kehendak Allah dan kehendakmu" dan mengucapkan : "Demi Ka'bah." Maka Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan para sahabat apabila hendak bersumpah supaya mengucapkan: Demi Tuhan Pemilik Ka'bah dan mengucapkan : "Atas kehendak Allah kemudian atas kehendakmu." (HR. Nasa'i dan dinyatakan shahih).

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu menuturkan :

أن رجلاً قال للنبي صلى الله عليه وسلم: ما شاء الله وشئت، فقال: أ جعلتني لله نداً؟ ما شاء الله وحده

Bahwa ada seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam : "Atas kehendak Allah dan kehendakmu. Maka ketika itu bersabdalah beliau: Apakah kamu menjadikan diriku sebagai sekutu bagi Allah ? Hanya atas kehendak Allah saja. (HR. An Nasa'i).


Diriwayatkan Ibnu Majah dari at Tufail, saudara seibu dengan 'Aisyah, ia berkata: "Aku bermimpi seakan-akan aku mendatangi sekelompok orang-orang Yahudi. Aku berkata kepada mereka: "Sungguh, kamu adalah sebaik-baik kaum, seandainya kamu tidak mengatakan: "Uzair putra Allah". Mereka menjawab : "Sungguh kamupun sebaik-baik kaum, seandainya kamu tidak mengatakan : "Atas kehendak Allah dan kehendak Muhammad". Lalu aku menjumpai sekelompok orang Nasrani, maka aku berkata kepada mereka:"Sungguh kamu adalah sebaik-baik kaum, seandainya kamu tidak mengatakan: "Al Masih putra Allah". Mereka menjawab : "Sungguh kamupun sebaik-baik kaum, seandainya kamu tidak mengatakan : "Atas kehendak Allah dan kehendak Muhammad". Ketika pagi hari, aku beritahukan mimpiku tersebut kepada kawan-kawanku, kemudian aku mendatangi Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dan aku beritahukan kepada beliau. Nabi bertanya:"Apakah kamu telah memberitahukannya kepada seseorang? Aku menjawab: "Ya." Rasulullah bertahmid dan memuji Allah, kemudian bersabda:

أما بعد؛ فإن طفيلاً رأى رؤيا، أخبر بها من أخبر منكم، وإنكم قلتم كلمة كان يمنعني كذا وكذا أن أنهاكم عنها. فلا تقولوا: ما شاء الله وشاء محمد، ولكن قولوا: ما شاء الله وحده

Amma ba'du, sesungguhnya Thufail telah bermimpi sesuatu yang telah diberitahukan kepada orang-orang di antara kamu. Dan sesungguhnya kamu telah mengucapkapan suatu ucapan yang ketika itu aku tidak sempat melarangnya kepadamu karena aku ada beberapa halangan, maka janganlah kamu mengatakan : Atas kehendak Allah dan kehendak Muhammad, akan tetapi katakanlah : "Atas kehendak Allah saja".

Disunting dari : Kitab Tauhid Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab at Tamimi

Anwar Baru Belajar